Samsat Papua Pelajari Teknik Bapenda Sulsel Pungut Pajak

MAKASSAR– Sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Papua melakukan kunjungan kerja di Bapenda Sulsel, Jumat 17 Desember 2021.

Rombongan dipimpin Kepala Unit Pelaksana Teknis Jayapura Kota Muhammad Bauw dan diterima Kepala Bidang Perencanaan dan Pelaporan Pendapatan Daerah Dr Reza Faisal Saleh.Bauw mengatakan, kunjungan, ini diikuti oleh sejumlah UPT dari Bapenda Papua, antara lain, UPT Merauke dan UPT Timika.

Menurutnya, banyak inovasi yang dilakukan Bapenda Sulsel yang dapat ditiru oleh Bapenda Papua untuk meningkatkan PAD Papua.

Saat ini Provinsi Papua mempunyai 25 kabupaten/kota namun layanan samsat baru menjangkau 17 kabupaten/kota.

“Kita berharap bisa mencontoh inovasi yang di Sulsel agar layanan samsat bisa menjangkau seluruh wajib pajak di Papua,” katanya.

Saat ini Bapenda Provinsi Papua telah melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui kantor Pos untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan.

Dalam kunjungan tersebut, Dr Reza menjelaskan sejumlah inovasi Bapenda Sulsel dalam memudahkan layanan pembayaran pajak kendaraan pada masyarakat.

Inovasi tersebut antara lain pembayaran pajak kendaraan melalui Samsat Drive Thru, melalui Gopay yang kini menjadi Go Tagihan, melalui Indomaret, Samsat Lorong, Samsat Keliling, serta pembayaran melalui aplikasi Bank Sulselbar di ponsel, serta pembayaran dengan cara mengangsur tanpa bunga di Bank Sulselbar melalui Simpanan dan Pendapatan Pajak Daerah (SiPiJar).

Rombongan mengakhiri kunjungan dengan melihat langsung pembayaran pajak di Samsat Pembantu Pettarani dan di Samsat Drive Thru Pettarani.(alim)

alim tsi

alim tsi